Jum’at membakar!

Jum’at, 29 April 2011 ini, hari bersejarah bagiku. Bagaimana tidak, dari pagi saja saya sudah terbakar semangat oleh kewajiban presentasi mata kuliah metabolisme. Kami, group 2, mendapat topik “membasmi ulat bulu”. Well, that was quite interesting because there was a phenomenon called caterpillar outbreak happening in our country. Millions of caterpillars attack Probolinggo, Bali, Bekasi, and other towns in our country. Ide kami adalah menggunakan enzim papain dari daun pepaya sebagai bahan aktif dalam insektisida. Untuk membuat insektisidanya sangat mudah dan hanya membutuhkan daun pepaya, sedikit detergen dan minyak tanah. Insektisida ini cocok untuk skala rumah tangga. Saya sangat menyenangi topik yang dipilihkan Professor pengajar mata kuliah ini. Topiknya up-to-date, aplikatif, dan tentu bermanfaat untuk masyarakat. Saya menafsirkan kalau Professor kami yang satu ini memberikan pelajaran bahwa tugas mahasiswa tidak hanya belajar untuk mendapatkan kerja saja, tapi juga harus aware dengan masalah yang dihadapi masyarakat dan bergerak untuk mengatasinya. I was very enthusiatic!

(Ulat buluuuuu)

Alhamdulillah, presentasi kami berjalan dengan baik. Kami diberi kebebasan untuk memilih presentator. Akhirnya salah satu teman kami bersedia -dengan semangat- menjadi presentator setelah semalaman berlatih keras. Saya merasakan rasa saling percaya di antara kami saat itu, baik untuk presentasi mau pun menjawab pertanyaan audiens. Setelah presentasi, kami janjian untuk makan nasi kuning bareng sebagai perayaan untuk mensyukuri presentasi yang sudah berjalan sangat baik. Tapi sayangnya, hanya 2 orang yang bisa merayakannya (termasuk saya). tapi tak apa, semoga masih ada kesempatan di lain waktu untuk merayakannya bersama, setidaknya makan es krim bareng. hoho.

Nah, kalau 5 kelompok enzim sudah presentasi, selanjutnya giliran “persembahan”. Grup hormon yang persembahan kemarin sudah mempersembahkan drama, senam, drama musikal. Lalu, selanjutnya ide apa ya untuk persembahan enzim? *Saya pikirkan itu nanti-nanti saja ah, bareng teman-teman lain…

Baiklah, selanjutnya…..good news!!!! Alhamdulillah hari ini juga ternyata pengumuman exchange student ke Tokyo Institute of Technology, Jepang. Setelah seleksi dari 12 orang menjadi 4 orang dan proses menunggu pengumuman yang lamanya seperti 10 tahun padahal hanya 2-3 bulan, hanya 2 orang yang diterima. Yup, salah satunya adalah saya!!!!! Saya dihubungi oleh pihak International Office UI bahwa saya dan seorang teman dari Fasilkom, Feraena, diterima oleh Tokyo Tech sebagai exchange student. Tapi saya tidak tahu apakah dapat 6 bulan atau 1 tahun di sana. Semoga 1 tahun. hehe. Beasiswa dari pemerintah Jepang, JASSO, sampai saat tulisan ini ditulis belum ada kepastian. Semoga JASSO menerima saya sebagai penerima beasiswa. Amien. Saya berterima kasih pada keluarga, dosen-dosen, dan teman-teman yang telah mendoakan dan mendukung saya. Aduh, jadi terharu. hehe.

(Semoga diterima di Departemen ini dengan baik, Amien)

One thought on “Jum’at membakar!

  1. Iyaaaaaa Tata, I am very glad too. We have given the best until this day.Wow, the moment when we were dance together, is the best part too.
    LOL

    Huaaa, nice post Ta..i will follow and wait your post about Japan. Well. let me see, the great Japan and you place there through your word hear. Will be great!!!

    Congratulation!

Leave a Reply

