Fight for Your Right, Dear Passive Smokers

I wanna confess. I’m a passive smoker. I don’t want to be one, but I can’t help it. I suck up tobacco’s smoke almost everyday. Not at home, but in the non-aircon public transportation which I ride on to. Either the driver or the passengers smoke freely without caring that they hurt other people’s lungs and killing them slowly. Gosh, I really hate smokers, the silent killers.

Now, I’m not gonna stay still. I have to fight for my rights to not being passive smoker. Moreover, active smokers should do their smoking in proper–isolated–place and suck up their own smoke.

Cerita sedikit ttg ‘perjuangan’ saya menolak utk menjadi passive smoker. Saya sebut ‘perjuangan’ soalnya menurut saya it’s difficult to tell active smokers off that they shouldn’t smoke in public places and especially near babies and kids. I’m kinda afraid that they’ll scold me back.

Saya inget beberapa bulan lalu di metromini Senen-Pondok Kopi, saya udah sesak napas pol menghirup asap rokok anak-anak SMP. Iya, betul, saya ga typo, beneran anak SMP. Baru lulus SD malah kayaknya, masih kecil-kecil banget sih. Tapi karena mereka segerombolan dan punya tampang ‘elo senggol gw bacok’ (oopps), saya jadi ciut mau negur mereka biar ga ngerokok. Nyesellll banget rasanya sampe terminal akhir saya ga berani negur mereka. Saya akui kalo saya penakut, takut dikeroyok mereka gara2 kebanyakan nonton berita yg akhir2 ini isinya kriminal semua, padahal mungkin aja mereka mau nurut utk ga ngerokok. Juga mungkin karena faktor saya ini orangnya ‘nrimo’, yg diem aja kalo didzalimi orang.

No smoking, please...

No smoking, please…

Terus saya mulai meningkatkan ‘kesaktian’, meski hesitate dan mikir lamaaaaa, kalo udah tersiksa menghirup asapnya baru deh saya beraniin bilang ke orangnya kalo saya sakit, ga bisa ngehirup asap rokok. Alhamdulillah baru saya praktekin ke abang bajaj dan kata abangnya, “iya neng,mending ngomong daripada sakit.” Wew, jangan2 abangnya mikir saya punya penyakit serius, sorry if I made you think so, wahai abang bajaj. Bukan maksud bohong, kan saya nanti jadinya (sedikit) sesak napas kalo menghirup asap rokok, sesak napas kan udah masuk sick-state jadi ga bohong dong ya *excuse.

Terus the latest permintaan tolak bala baru tadi saya luncurkan pas beli nasi goreng di dekat rumah. Asapnya sih ga sampai kehirup sama saya, tapi dia ngerokok deket/di sebelah pas penggorengannya (otomatis deket minyak dan kompor juga). Ga kebayang deh kalo asapnya ikut membumbui nasi goreng atau malah percikan rokoknya mampir ke minyak panas. Ogah to the max! Hehe. Akhirnya setelah beberapa menit bertarung sama diri sendiri untuk negor mas2 itu, saya berani juga bilang ke masnya untuk duduk di tmp yg udah disediain, jgn di deket kompornya. Alhamdulillah tuh mas2 langsung duduk di proper place tanpa tedeng aling-aling.

Nah, bolehlah sampai sini saya kasih applause buat diri sendiri. Itung2 buat latian biar saya mau fight kalo didzhalimi org (fight nya dalam arti memperjuangkan hak dengan cara yg benar). Saya ini kayaknya emang harus ditempa biar ga melulu jadi org yg menghindari perdebatan & pasrah sama keadaan.

Yang masih saya perjuangkan sekarang adalah meminta anggota keluarga yg smoker biar stop smoking. Ini menurut saya yg malah paling berat, soalnya yg ngerokok malah para senior, generasi atas saya. Do’akan saya ya biar saya diberi kekuatan, keteguhan, dan ketepatan lisan sama Allah SWT utk menjalankan misi ini (beeehh berasa 007), dan supaya targetnya dapet hidayah juga.

Yes. Quit Smoking. Now.

Yes. Quit Smoking. Now.

 

P.S. : Sorry for mixing English and Bahasa Indonesia in this post abruptly, because sometimes I feel like it more expressive if I write it on Bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s