Bulan

Bulan.

Anakku mulai suka menyebut kata “bulan” dalam bahasa Inggris ketika usianya 13 bulan. Sambil mendongak, ia mencari benda langit itu. Usia 16 bulan, ia mulai menyebutkan banyak lebih banyak benda langit. Bintang dan matahari tak luput dari sebutannya. Saat jalan-jalan malam, ia kerap menunjuk ke langit, “Bu…moon..ambil…,” celotehnya. Hahaha, seperti lagu saja kau minta ibu ambilkan bulan, Nak!

Ibu ceritakan ya Nak, benda-benda langit itu ciptaan Allah SWT. Ia adalah Tuhan Yang Maha Pencipta, yang menciptakan kamu, ayah, ibu, semua manusia, semua yang ada di langit, di bumi, dan di antaranya. Allah SWT berfirman melalui Rasulullah SAW dalam surat Az-Zumar ayat 5:

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ ۖ يُكَوِّرُ اللَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى اللَّيْلِ ۖ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ۗ أَلَا هُوَ الْعَزِيزُ الْغَفَّارُ

Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

Nak, Allah SWT sudah menjelaskan berbagai hal tentang ciptaanNya dalam ayat-ayatNya jauh sebelum manusia menemukannya. Pelajarilah alam ini dengan hati nurani dalam ayat-ayat Allah SWT. Karena jika kau hanya mengandalkan logika, kau tidak akan bisa mengambil manfaatnya. Alam semesta ini feminin seperti perempuan yang malu-malu, jadi kau harus bisa menebak makna di balik peristiwa-peristiwa alam itu. Kelak, jika alam menyingkap tabirnya, kau kian yakin akan kebesaran Allah SWT.

#Writober #RBMIpJakarta # #WritoberChallenge #Writober7 #WritoberBulan #Bulan

One thought on “Bulan

  1. Pingback: Writober Challenge: the Recap | Little Hikari

Leave a comment