Mindset Gemar Rapi

Berdasarkan kuis yang saya lakukan di situs https://clutterbug.me/what-clutterbug-are-you-test untuk mengetahui gaya berbenah saya (jenis clutterbug), saya adalah tipe “Ladybug”. Menurut situs tersebut, tipe ladybugs (kepik) adalah pengatur tersembunyi yang menyukai barang yang dipakai mereka sehari-hari tidak terlihat atau tersembunyi. Tipe ini kesulitan untuk mempertahankan sistem berbenah/manajemen yang detail dan cenderung menyembunyikan barang-barang agar tidak terlihat, sehingga mereka membutuhkan keranjang besar dengan kategori yang lebih sedikit dan kurang detail. Intinya, saya suka jika barang-barang saya tidak terlihat (jadi tidak banyak barang yang “dipajang” di rumah atau tidak di atas meja, dan pengaturan barang dalam tempat penyimpanan pun tidak terlalu detail atau simpel saja).

Dalam mengatur ekspektasi berbenah, musim saya saat ini adalah berbalita, sehingga tentu saya harus memaklumi bahwa ada saatnya setidaknya ruang bermain anak berantakan ketika anak sedang bermain atau belajar mengeksplorasi sesuatu.

Mindset gemar rapi yang ingin ditumbuhkan:

  • Growth Mindset (Pola Pikir Berkembang): saya ingin memiliki keyakinan bahwa saya bisa berbenah dan terus berproses agar lebih rapi karena berbenah bisa dipelajari.
  • Berbenah itu tanpa henti: berbenah itu adalah proses yang akan selalu kita jalani selama hidup, jadi tentu saya harus berkeyakinan bahwa berbenah itu memang perlu dan prosesnya menyenangkan.
  • Rapi adalah gaya hidup: saya ingin agar saya memiliki kebiasaan baru menjadi senang berbenah, sehingga rapi menjadi cara saya hidup di mana pun dan kapan pun saya berada.
  • Rumah adalah ruang aktif: rumah adalah tempat seluruh keluarga beraktivitas dan hanya barang-barang yang diperlukan sajalah yang ada di rumah.
  • Berbenah itu tanda cinta: berbenah adalah cara kita merawat diri sendiri, keluarga, dan lingkungan kita. Sehingga, saya akan melakukannya dengan penuh cinta.
  • Berbenah itu harus dengan penuh kesadaran (mindful): berbenah dikerjakan dengan sepenuh jiwa dan raga.

    Prioritas hidup saya saat ini adalah:
  • Belajar agama untuk mendekatkan diri saya pada Allah
  • Berkhidmat pada suami, dan salah saty jalannya adalah belajar dan memperbaiki diri dalam berbenah rumah, karena suami menginginkan agar saya menjadi pribadi yang lebih rapi
  • Mendidik dan mengasuh anak

#TASK1GP6 #gemarrapi #gemaripratama #gemaripratama6 #kelasGP6_4 #menatadirimenatanegeri #gemariclass #metodegemarrapi #berbenahalaindonesia #indonesiarapi #segemaritu

Leave a comment